Best Wisata
Nasi Liwet Khas Solo image by : @thoryc.id
Nasi Liwet Khas Solo image by : @thoryc.id

5 Makanan Khas Solo Paling Lezat dan Wajib Dicoba

5 Makanan Khas Solo Paling Lezat dan Wajib DicobaSolo atau Surakata adalah salah satu kota besar di Provinsi Jawa Tengah yang tak banyak memiliki tempat wisata, tidak seperti wilayah tetangganya Klaten dan Karanganyar. Namun, meskipun demikian kota ini memiiki makanan khas yang sangat bervariatif sehingga mampu menutupi kekurangan akan spot wisata alam yang disuguhkan tersebut.

Tak lengkap rasanya jikalau melancong ke kota sebagai pusat produski kain batik terbesar ini tak mencicipi olahan tradisional Solo yang memiliki rasa yang melegenda dan ngangeni untuk selalu mencobanya. Makanan-makanan khas Solo juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas ketika kita kesana.

Nah bagi kamu yang ingin melancong ke kota Surakarta ini sekaligus ingin menyantap sajian khas Solo, berikut adalah rekomendasi makanan khas Solo paling lezat, murah, dan mudah ditemuni ketika kamu jalan-jalan disana.

Kuliner Khas Kota Solo Paling Lezat dan Wajib Dicoba

  1. Nasi Liwet

 

Nasi Liwet Khas Solo image by : @thoryc.id
Nasi Liwet Khas Solo image by : @thoryc.id

 

Salah satu jajanan khas Solo yang wajib kamu jajal ketika berjelajah disana adalah nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi putih yang dihidangakan dengan menggunakan pincuk terbuat dari daun pisang dengan sajian lauk pauk labu siam yang dipadukan suwiran ayam dan telur rebus berpadu dalam gurihnya santan kelapa.

Baca Juga : Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaru yang Wajib Dikunjungi

Makanan ini sangat menggugah selera para wisatawan untuk selalu mengunjungi kota Solo demi menikmati sajian khas Solo satu ini. Banyak kedai nasi liwet yang dapat kamu temukan dengan mudah baik di pusat kota ataupun tepian-tepian jalan. Salah satu nasi liwet Solo paling populer adalah nasi liwet Wongso Lemu.

Alamat: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Tarif: Rp.19.000/porsi

  1. Timlo

 

Timlo Khas Solo image by : @rarararitta
Timlo Khas Solo image by : @rarararitta

Kuliner khas Solo yang menggugah selera berikutnya adalah Timlo Solo. Banyak kedai yang menjajakan timlo khas Solo, namun ada salah satu kedai yang paling populer di kota Surakarta yaitu Warung Timlo Solo Sanstro. Kedai ini akan memanjakan kamu dengan nikmatnya perpaduan mi soun, suwuran ayam, potongan sosis, wortel yang dihidangkan dengan kuah panas yang mengguah selera. Sebagai pelengkap rasa tak lupa juga untuk menaburi bawang goreng sebagai topping timlo Solo.

Alamat: Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta

Tarif: Rp.7000-Rp.18.000/porsi

  1. Serabi

 Serabi Khas Solo image by : @jo_dith
Serabi Khas Solo image by : @jo_dith

Salah satu oleh-oleh khas Solo yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan orang terkasih di rumah adalah serabi. Serabi memang kini sudah semakin populer di berbagai daerah, namun ada salah satu kedai serabi yang sudah berdiri dan eksis hingga sekarang sejak taun 1920 yaitu Serabi Notosuman.

Tak hanya dapat menyantap serabi yang memiliki citarasa yang melegenda dengan rasa santan yang kuat ini, namun kamu juga akan disuguhkan dengan cara pembuatan serabi Notosuman dengan cara yang masih tradisional sekali.

Alamat: Jalan Muhammad Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Kota Solo

Tarif: Rp.1800/buah

  1. Brambang Asem

 

Brambang Asem Khas Solo image by : @semarangfoodmatters
Brambang Asem Khas Solo image by : @semarangfoodmatters

 

Brambang asem adalah salah satu makanan khas Solo yang dapat memanjakan lidahmu dengan rasa khas tempo dulu tentu sangat dirindukan. Brambang asem terbuat dari daun ubi jalar yang direbus kemudian dilumuri dengan sambal yang beraromakan bawang merah yang khas dengan citarasa yang pedas serta dipadu dengan tempe gembus membuat mulutmu tak berhenti mengunyah.

Baca Juga : Wisata Pantai di Pacitan yang Menarik dan Wajib untuk Dikunjungi

Tempe gembus sendiri adalah tempe yang dibuat dari ampas tahu. Brambang Asem ini sebenarnya bukan sebuah makanan namun cemilan yang dapat digunakan untuk menikmati hari dan suasana kota Surakarta. Kini tak banyak kedai yang menjajakan makanan khas Solo tempo dulu ini, namun kamu masih bisa menjumpainya di kedai milik Yu Jum saat melancong ke Solo.

Alamat: Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo. Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta.

Tarif: Rp.3000/porsi

  1. Es Gempol Pleret

 

Es Gempol Pleret Solo image by : @esternugroho
Es Gempol Pleret Solo image by : @esternugroho

 

Setelah menikmati makanan khas Solo diatas, tak ada salahnya kamu juga mencicipi sajian minuman khas solo yang terbuat dari tepung beras yang di padukan dengan dawet dan cendol. Minuman cocok dinikmati saat masih dalam keadaan dingin apalagi ketika kamu berada di Solo siang hari yang panas seperti sekarang. Bagaimana, tertarik mencoba makanan lezat diatas?

Alamat: Jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Solo

Tarif: Rp.3000/porsi

Itulah rekomendasi makanan dan oleh-oleh khas Solo yang dapat kamu jadikan referensi saat berjelajah kesana. Selamat mencoba dan terima kasih.

Admin Bestwisata

Add comment

Temukan kami di sosical media :